PGSD FKIP Universitas Pakuan

(Unpak 31/1/17) -Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unpak kembali mengadakan pementasan sebagai Ujian Akhir Semester pada Mata kuliah Seni Budaya dan Keterampilan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 24-25 Januari 2017.

Gelar seni ini diawali dengan acara seminar yang bertema: Membentuk Karakter Diri Melalui Pendidikan Seni.

Tanggal 24 Januari 2017
Kegiatan GALAKSI ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Entis Sutisna, M.Pd., dan dihadiri oleh Ketua Program Studi Elly Sukmanasa, M.Pd.

Dr. Entis dalam sambutannya menyampaikan bahwa "seorang guru harus kreatif dalam berbagai bidang termasuk seni, mengajar dengan didasari seni akan memunculkan sikap yang kreatif dan inovatif".

Karakter siswa dapat dibentuk melalui seni. Peranan guru adalah memberi inspirasi, memberi kejelasan/klarifikasi, membantu menerjemahkan gagasan, perasaan dan reaksi siswa kedalam bentuk-bentuk karya seni yang terorganisasi secara estetis.

Seminar menghadirkan pembicara Badi Sobandi, M.Pd., ketua jurusan Seni Rupa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dalam kesempatan itu pembicara menyampaikan pentingnya seni sebagai pembentuk karakter pada siswa sekolah dasar. Selain memaparkan tentang seni, pembicara mengajak peserta seminar untuk kreatif dengan melakukan beberapa demonstrasi, diantaranya membuat makrame dan membuat keterampilan dari barang bekas (kardus) untuk membuat replika kuku-kupu. Acara tersebut diakhiri dengan sajian tarian dari kreasi mahasiswa.

Tanggal 25 Januari 2017
Sebagai acara puncak gelar kreasi seni menampilkan 11 kelas, yang diampu oleh 3 orang dosen diantaranya : Lina Novita, S.Sn.,M.Pd., Non Dwishiera, M.Pd., dan Fitri Anjaswuri, M.Pd. Dengan gelar seni ini diharapkan calon guru lebih terampil, kreatif, inovatif dan memiliki karakter diri yang baik dalam proses pembelajaran.

Sosial Media

Fanfage Unpak

Feedback

Kritik dan Saran Anda

Silahkan kirim
Email ke :

pgsd@unpak.ac.id


Kontak Info : (0251 - 8312206)