PGSD FKIP Universitas Pakuan

(Unpak 04/02/2020) - Peranan guru sangat diperlukan untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar agar materi dapat dipahami secara optimal.

Seorang guru tidak hanya semata mengajar di depan kelas saja, tetapi harus bisa menginspirasi siswa.

Proses pelaksanaan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 memerlukan kemampuan guru dalam bidang IT terutama dalam pembuatan media pembelajaran yang mudah dan menarik karena pembelajaran dalam kurikulum 2013 terdiri dari kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan.

Penilaian yang dilakukan pada kurikulum 2013 mencakup tiga ranah yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor.

Tujuan dalam PKM ini adalah untuk melakukan pendampingan pengembangan media pembelajaran slide powerpoint pada pembelajaran kurikulum 2013 pada tema 1 tentang benda-benda di lingkungan sekitar untuk siswa kelas V Sekolah Dasar.

Beberapa permasalahan di Kecamatan Bogor Tengah diantaranya adalah beberapa guru yang belum memiliki kompetensi dalam menggunakan media pembelajaran yang efektif.

Proses pembelajaran harus menerapkan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik, hal ini menuntut guru untuk menguasai IT dalam mendesain perangkat pembelajaran.

Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah melaksanakan pelatihan pada guru-guru disekolah tersebut dengan melalui pemberian materi secara teoritis, praktek pembuatan slide powerpoint, sampai pada evaluasi dengan melalui penilaian metode Drill Practice.

Sehingga diharapkan adanya keseriusan dalam pelaksanaan pelatihan tersebut sehingga pelaksanaan pelatihan dapat mendatangkan manfaat untuk berbagai pihak.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian tersebut dibula secara resmi oleh Ketua Gugus Bogor Tengah yaitu Drs. Nizar, S.Pd., MM. Dilaksanakan hari Kamis tanggal 11 Januari 2019 tempat di SDN Pengadilan 2 Bogor Tengah Kota Bogor.

Narasumber Tim PKM PGSD adalah Elly Sukmanasa, M.Pd., Lina Novita, S.Sn., M.Pd dan Fitri Siti Sundari, M.Pd. serta dibantu oleh Beberapa mahasiswa PGSD.

Kegiatan acara ini dibiayai oleh dana hibah dari Universitas tahun akademik 2019-2020.

Media pembelajaran slide powerpoint dapat meningkatkan proses pembelajaran yang menarik, sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar.

Guru dapat mengajar dengan lebih mudah karena materi yang tadinya terbatas dapat dikembangkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu meningkatnya hasil belajar pada pembelajaran dengan tema 1 tentang benda-benda di lingkungan sekitar, sesuai kurikulum 2013.

Terciptanya produk slide powerpoint interaktif, sehingga tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai sesuai dengan harapan.

 

Penulis : Elly Sukmanasa

Brosur PGSD

Silahkan unduh :
BROSUR PGSD


Sosial Media

Fanfage Unpak

Feedback

Kritik dan Saran Anda

Silahkan kirim
Email ke :

pgsd@unpak.ac.id


Kontak Info : (0251 - 8312206)